Minggu, 11 Agustus 2013

Eksim Atopik

Gejala eksim akan mulai muncul pada masa anak anak terutama saat mereka berumur diatas 2 tahun. Namun, eksim juga bisa menyerang bayi yang baru lahir.Gejala utama yang dirasakan pasien adalah gatal. Terkadang rasa gatal sudah muncul sebelum ada tanda kemerahan pada kulit. Gejala kemerahan biasanya akan muncul pada wajah, lutut, tangan dan kaki, namun tidak menutup kemungkinan kemerahan muncul di daerah lain.Beberapa ahli mencurigai eksim berhubungan dengan aktifitas daya pertahanan tubuh (imun) yang berlebihan. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritan yang sebenarnya tidak berbahaya pada kulit. Oleh karena itu, eksim banyak ditemukan pada keluarga dengan riwayat penyakit alergi atau asma.Penyakit ini bisa menyerang bayi baru lahir hingga usia 3 bulan. Wajah, pipi dan dagu kadang dahinya akan tampak kemerah-merahan dan kering. Tapi bisa juga basah bila luka.Malangnya, jika tangan balita kotor misal kena air liur atau bekas susu dan menyentuh lukanya, bagian yang terkena eksim itu bisa teriritasi. Balita akan merasa gatal dan panas. Tak heran jika ia menjadi rewel.Cara terbaik mengendalikannya adalah menghindari pemicunya, yakni:
  • Debu atau bulu-bulu
  • Keringat
  • Mandikan bayi minimal dua kali sehari agar kulitnya bersih. Berikan pelembab kulit agar tidak kering dan gatal
  • Pilih baju yang menyerap keringat dan tidak membuat kulit balita gatal.
  • Segera keringkan tubuh anak yang berkeringat dengan handuk bersih yang dibasahi air dan ganti bajunya dengan yang bersin.
  • Jika naik mobil dalam jangka waktu lama, hindarkan balita dari sengatan sinar matahari sepanjang perjalanan agar tidak kepanasan.
  • Zat-zat pemicu iritasi seperti pemutih baju. Bila terpaksa memakainya, segera bilas berulang kali.
  • Susu dan ikan. Jika bayi masih minum ASI, maka pemicunya bisa dari makanan yang dikonsumsi ibunya. Tapi jangan buru-buru Anda pantang makanan sebelum tahu pasti bahwa makanan tersebut memang eksim atopik balita.
-Transfer Factor Advance--Transfer Factor Advance-Pemberian Transfer Factor  Advance dapat membantu menenangkan aktifitas sistem imun yang terlalu aktif / berlebihan. Untuk mencegah dan mengobati eksim, diperlukan sistem kekebalan tubuh yang pintar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar