Rabu, 07 Agustus 2013

KANKER PARU

Kanker paru adalah salah satu kanker yang paling sering ditemukan pada kaum laki-laki. Jumlah penderita kanker paru di masa mendatang akan meningkat apabila kebiasaan merokok terus berkembang seperti sekarang ini baik pada perempuan maupun pada laki-laki.
Seorang perokok tidak hanya membahayakan dirinya sendiri tetapi jugaorang-orang di sekitarnya karena perokok pasif juga mempunyai risiko menderita kanker paru. Kanker paru digolongkan dalam penyakit yang dapat dicegah. Pada saat ini, cara yang paling ampuh untuk mencegah terjadinya kanker paru adalah dengan cara penyuluhan kesehatan kepada masyarakat. Setiap orang perlu mengetahui cara mencegah kanker paru. Bila seseorang mendapatkan penyakit paru dan dalam tiga minggu belum ada perbaikan, perlu dicurigai untuk kemungkinan kanker paru.


Pesan-Pesan Utama untuk Kanker Paru
  1. Kanker paru berhubungan erat dengan merokok.
  2. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kanker paru pada perokok adalah Jumlah batang rokok yang dihisap setiap hari, usia perokok ketika mulai terbiasa merokok, lamanya kebiasaan merokok (berapa tahun), dalamnya menghisap rokok, dan kadar tar dalam rokok.
  3. Yang termasuk kelompok risiko tinggi menderita kanker paru adalah mereka yang berusia 40 tahun ke atas, perokok, perokok pasif, dan bekerja di lingkungan yang mengandung zat-zat karsinogen (termasuk lingkungan yang banyak asap rokok).
  4. Kelompok risiko tinggi dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter.
  5. Kanker paru dapat dicegah; cara terbaik adalah jangan merokok, apabila telah terbiasa merokok maka segera berhenti, hindari asap rokok orang lain, patuhi peraturan tentang kesehatan dan keselamatan kerja, dan selalu perbaiki kualitas sistem imun kita. 4Life Transfer Factor memperbaiki sistem imun sampai 437%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar