Rabu, 07 Agustus 2013

MENGENAL BATU GINJAL


Batu ginjal merupakan suatu massa keras menyerupai kristal yang terbentuk dari bahan-bahan dalam urin yang menumpuk di permukaan dalam ginjal. Ukuran dan bentuknya bervariasi, mulai dari partikel sangat kecil yang dapat ikut terbuang dalam air kemih sampai ukuran besar berdiameter 5 cm. Selama berada dalam ginjal dan tidak menimbulkan gejala, batu ini seringkali tidak disadari keberadaannya. Tetapi ketika keluar dari ginjal, bahkan batu berukuran sangat kecil pun bisa menyebabkan nyeri yang amat hebat.
Gejala Batu Ginjal
Gejala awal batu ginjal adalah nyeri yang luar biasa. Nyeri muncul tiba-tiba ketika sebuah batu bergerak dalam saluran kemih dan menyumbat atau mengiritasi saluran kemih. Nyeri bersifat tajam, nyeri kram di area pinggang belakang (dekat dengan ginjal yang terkena) atau nyeri di perut bagian bawah. Bisa juga disertai mual dan muntah. Nyeri dapat menjalar ke area selangkangan.
Jika pergerakan batu tidak berlangsung lancar, nyeri akan terus dirasakan karena otot-otot saluran kemih berusaha untuk mendorongnya keluar. Jika batu membesar, mungkin Anda akan menemukan darah dalam urin. Pada saat saluran kemih mendorong batu mendekati kandung kemih, mungkin Anda akan lebih sering merasa ingin BAK atau Anda mungkin akan merasakan rasa panas selama berkemih.
Jika disertai demam atau menggigil, saran saya segera hubungi dokter.
Komplikasi
Sumbatan ginjal dan infeksi. Jika tidak diatasi akan menyebabkan gagal ginjal.
Penyebab Batu Ginjal
Riwayat batu ginjal dalam keluarga, kelebihannasupan vitamin D, pemakaian diuretik, kurang asupan cairan atau banyak cairan hilang (dehidrasi), tirah baring berkepanjangan misalnya karena sakit, kekebihan kalsiun atau asam urat dalam darah akibat gout atau kelainan hormon, kondisi tertentu seperti infeksi saluran kemih dan kelainan metabolik (misalnya hiperparatoidisme), infeksi ginjal yang memperlambat aliran urin atau mengubah keseimbangan asam dalam urin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar