Selasa, 06 Agustus 2013

MENGENAL BRONKITIS

Bronkitis adalah radang lapisan dan dinding saluran bronkus yang menuju ke paru-paru. Saluran bronkus memproduksi banyak lendir/dahak dan jika mengalami peradangan, maka akan menyumbat sebagian aliran keluar masuknya udara di paru-paru.

Setelah gejala pilek ata flu hilang, batuk masih akan tetap ada selama beberapa waktu, dan kemudian menghilang. Batuk seperti itu seringkali merupakan suatu pertanda bronkitis akut, suatu peradangan saluran napas yang umumnya terjadi setelah infeksi saluran pernapasan atas, ditandai dengan awitan mendadak dan episode yang lebih pendek. Bronkitis akut berulang dapat menyebabkan bronkitis kronis. Batuk dan produksi dahak terjadi lebih sering dan lebih lama setiap kali setelah flu. Bronkitis kronis ditandai denan perdangan dan batuk berdahak selama sedikitnya 3 bulan dalam setahun dan terjadi selama dua tahun berturut-turut.

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) meliputi bronkitis kronis, asam kronis, dan emfisema. Emfisemamerupakan kondisi dimana aliran keluar masuknya udara di paru-paru terus terhambat. Sumbatan aliran udara ini umumnya bersifat permanen dan mungkin lama-lama akan memburuk. Hal ini akan memyebabkan kesulitan bernapas (napas cepat dan dangkal) dan batuk yang menetap atau berulang.

Emfisema terjadi jika kantung udara kecil (alveoli) di paru-paru mengembang berlebihan dan kurang elastis, sehingga paru-paru kurang mampu mendapat oksigen dari darah dan menyebabkan sesak napas. Akhirnya penderita mengalami kesulitan dan kelelahan untuk melakukan tugas yang paling sederhana, seperti makan atau berpakaian.

Bronkitis maupun emfisema sampai saat ini belum ditemukan obat yang tepat. Tetapi dengan pengobatan atau terapi imun, kerusakan paru-paru dan jantung bisa diperlambat dan gejala bisa dikurangi.

Gejala Umum Bronkitis
Batuk yang mungkin produktif (dengan lendir kuning atau abu-abu, dan bukan lendir berwarna jernih) atau kering, Mengi ringan, demam, mengigil dan lemas (perasaan tidak nyaman atau gelisah), sesak napas (terutama setelah melakukan aktifitas fisik).

Komplikasi Bronkitis
Sering menderita infeksi pada saluran napas yang disebabkan oleh bakteri atau virus termasuk pneumonia, batuk darah (Hemoptisis), bagi mereka yang menderita PPOK bisa gagal ginjal atau gagal jantung.

Penyebab Bronkitis Akut
Karena virus, bakteri, iritan dalam udara (rokok, debu, asap kimiawi).

Penyebab Bronkitis Kronis
Perokok berat dan merokok dalam jangka waktu yang lama, paparan berulang debu logam berat (misalnya di tambang batu bara), uap kimiawi, polusi udara.

Info 4Life
Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar