Selasa, 06 Agustus 2013

MENGENAL ASMA

Asma adalah sumbatan jalan napas yang dapat pulih kembali / reversibel. Asma mengganggu pernafasan normal, karena menyempitnya saluran napas yang menuju paru-paru. Kondisi ini terjadi oleh beberapa penyebab yang disebutkan dibawah ini dan oleh peradangan mukosa dan kejang pada dinding saluran udara (bronkus), sehingga disebut asma bronkial. As,a bronkial ditandai dengan penyampitan saluran udara, kejang otot-otot saluran napas dan produksi lendir.

Asma biasanya dimulai sejak masa kanak-kanak. Dengan pengobatan yang tepat, sekitar 50 persen anak-anak tidak lagi menderita asma ketika mereka bertambah usianya.

Gejala Asma
 Walaupun asma sangat umum, gejalanya dapat bervariasi pada tiap orang. Separuh penderita asma menunjukkan gejala sebelum berusia 10 tahun dan yang sepertiganya sebelum 40 tahun. Siapa pun dapat terkena Asma setiap saat.

Serangan asma dapat ringan sampai parah, sesekali / intermiten hingga terus menerus. Gejala dapat bervariaso dari sesak napas ringan, batuk dan mengi hingga sesak napas berat, dada sesak, kesulitan berbicara dan terengah-engah.

Penyebab Umum Asma
Asma disebabkan oleh faktor keturunan dan lingkungan. Serangan asma dapat dipicu oleh:

  • Alergen: bulu binatang, debu, makanan dan obat-obatan tertentu, tungau, spora jamur, serbuk sari;
  • Infeksi virus atau bakteri: bronkitid, flu, sinusitis, radang tenggorokan;
  • Iritan dan polutan lingkungan: buangan gas, hair spray, parfum, asap dari tembakau atau kayu;
  • Stres dan emosi: kegembiraan, stres, ketakutan;
  • Obat-obatan: aspirin dan obat anti inflamas non steroid (OAINS). Obat ini dapat menjadi pemicu pada sebagian kecil penderita asma. Asma akibat aspirin dapat terjadi sangat cepat dan sangat berat. Hindari aspirin dan OAINS jika Anda memiliki asma yang sensitif terhadap aspirin;
  • Olahraga berat terus menerus pada lingkungan yang dingin dan kering dalam waktu yang lama.
Info 4Life

Tidak ada komentar:

Posting Komentar